Lepas 685 Atlit Buton, Pj Bupati Basiran Janjikan Bonus Bagi Atlit Juara dan Bonus Pelatih

MonitorSultra.Com, BUTON – Penjabat Bupati Buton, Drs. Basiran melepas 685 orang atlit asal Buton yang akan berkompetisi pada ajang Porprov Sultra 2022 XIV di Kabupaten Buton dan Kota Baubau sebagai tuan rumah.

Pelepasan diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Buton, Takawa, pada Kamis (24/11/2022) pagi sekira pukul 10:00 WITA.

Hadir pula dalam pelepasan itu antara lain, Ketua DPRD Buton Hariasi Salad, S.H, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, Asisten 1 Sekda Buton Alimani, Mewakili Kejari Buton, Ketua KONI Buton LM. Syamsir Siri Ikrami, Kepala Kankemenag Buton H. Mansur dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Buton.

 

Dalam sambutannya Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, menyampaikan dalam APBD Perubahan Kabupaten Buton sudah ada anggaran bonus bagi para atlit Buton yang meraih juara. Sayangnya Basiran tidak menyebutkan nominal bonus tersebut.

“Saya ingin menyampaikan dalam APBD Kabupaten Buton tahun 2022 dalam perubahan sudah ada anggaran bonus atlit tentang jumlahnya nanti dihitung yang jelas pasti dapat bonus,” ujar Basiran.

Tak hanya para atlit, kata Basiran, termasuk para pelatih juga bakal diberi bonus.

“Dari anggaran yang ada potensi kita menang, potensi yang juara dan yang dapat bonus bukan hanya atlitnya tetapi pelatihnya juga, karena anda mampu menjadi atlit yang hebat karena jasa-jasa para pelatih,” ujarnya.

Selain itu, Kepala BPKAD Sultra ini mengimbau kepada para atlit agar selama mengikuti kegiatan pertandingan selalu menjaga sportifitas dan mampu mengendalikan emosi.

“Kita harapkan, sportifitas, jiwa kita harus jangan pernah kendor jangan ada emosi karena kita adalah orang Buton, Buton selalu dihati, jangan pernah emosional dan mengamuk dilapanagn karena olahraga bukan adu jotos, olahraga bukan perkelahian tetapi dalam rangka meningkatkan prestasi sebagai sang juara, seorang patriot,” pintahnya.

Pada kesempatan itu, Drs. Basiran juga mengatakan, tentu harapan utama pada event Porprov itu adalah juara juga mampu menunjukkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara bahkan masyarakat Indonesia bahwasanya Kabupaten Buton mampu sebagai tuan rumah yang baik.

” Tuan rumah yang baik bukan berarti kita harus mengalah dalam arti semua pertandingan dan perlombaan, kalau boleh kita tuan rumah yang baik, kita juara dan kita sukses dalam acara pembukaan nanti,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Barangka, Pj Bupati Buton Kembali Gaungkan Pemekaran Kapontori

“Tetapi itu adalah target, itu adalah cita-cita tetapi jangan kita memburuh target itu dengan segala macam cara,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Basiran, untuk kegiatan Pekan olahraga provinsi tahun 2022 ke-XIV dapat memanfaatkan potensi generasi muda para atlit yang ada di Kabupaten Buton.

“Kita tidak ada atlit yang kita sewa karena kita punya Atlit-atlit hebat kita manfaatkan potensi yang kita miliki saatnya Buton Bangkit bersama. Oleh sebab itu tunjukkan bahwasanya generasi muda Buton, para atlit Buton mampu bersaing dan bertanding dalam ajang tingkat provinsi dan Insya Allah tingkat Nasional pada PON yang akan datang,” bebernya.

Diakhir Sambutannya, Pj Bupati Buton mengajak kepada semua masyarakat dan seluruh stekholder untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pekan olahraga provinsi di Kabupaten Buton.

“Jaga ketertiban jangan ada yang melakukan gerakan tambahan yang memicu perkelahian yang memicu terganggunya keamanan karena jika ada yang menimbulkan gangguan keamanan maka pihak Polres, Polda akan menghentikan semua kegiatan ini,” ajaknya.

“Ingat lambang kita Buton selalu dihati artinya jangan pernah mengedepankan emosional tetapi pake perasaan dan nurani kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, sebelum melepas seluruh atlit, Drs. Basiran kembali berharap, mudah-mudahan Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa memberikan perlindungan kepada seluruh atlit, seluruh peserta seluruh official dan seluruh tamu masyarakat Buton pada umumnya. Keselamatan dalam penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi bagi para atlit yang akan berlaga dan berlomba di Kota Baubau.

“Jaga hati kalian bahwasanya Baubau adalah bagian daripada Buton jangan bikin hal-hal kurang baik, tunjukkan bahwa kalian juga adalah masyarakat Buton yang bisa menjadi contoh teladan bagi atlit lainnya,” harapnya.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillah Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si melepas kontingen Kabupaten Buton sebanyak 685 orang atlit dan official.

“Mudah-mudahan Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa memberikan keselamatan kembali kita ada dalam berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat tidak ada yang cedera,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontingen Porprov Sultra XIV Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, dalam laporannya menyampaikan bahwa, Porprov Sultra XIV tahun 2022, Kabupaten Buton dan Kota Baubau sebagai tuan rumah diselenggarakan sebagai bagian dari sistim olahraga kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara yang merupakan ajang penyelenggaraan olahraga yang diselenggarakan secara multi event.

BACA JUGA :  BERIKAN KEADILAN UNTUK HARIASI

“Porprov Sultra XIV 2022 adalah event olahraga tingkat Propinsi yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Event olahraga tersebut merupakan bagian dari sejarah dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah dengan melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat secara berkesinambungan,” kata Asnawi.

Asnawi menyebutkan, pelaksanaan Porprov Sultra akan dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2022 di Kabupaten Buton dan penutupan akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2022 di Kota Baubau.

“Peserta Porprov Sultra XIV diikuti sebanyak 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Kontingen Kabupaten Buton berjumlah 685 orang, terdiri dari unsur Panitia, Kontingen. Cabang Olahraga Porprov Sultra terdiri, Manajer, Official, Pelatih dan Atlit,” sebutnya.

Adapun Pembiayaan kontingen Kabupaten Buton tahun 2022, lanjut mantan Kadis Sosial itu, bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Buton tahun anggaran 2022 serta sumbangan pihak ketiga yang tidak mengikat.

Sementara pemberian bonus atlit berprestasi Pemerintah Kabupaten Buton akan di anggarkan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Buton.

“Atas nama panitia Kontingen Porprov Kabupaten Buton mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buton atas perhatian dan dukungannya sehingga penyelenggaraan dan pelayanan kebutuhan kontingen Cabang Olahraga Porprov Kabupaten Buton dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

(Ras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.