Pj. Bupati Buton Kunjungi Stand Pameran Dekranasda Buton di Pameran Indonesia Fashion Week 2023

MonitorSultra.Com, JAKARTA – Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si., bersama Wakil Ketua Dekranasda Buton, Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, dan pengurus Dekranasda Buton mengunjungi stand pameran Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton yang tampil dalam ajang pameran produk fashion dalam acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, (22/2/2022).

Produk kerajinan yang ditampilkan oleh Dekranasda Buton dalam pameran ini yaitu renunan pewarna alam yang berasal dari Desa Wabula, Kecamatan Wabula dan anyaman kerajinan nentu dari Desa Todanga Kecamatan Kapontori.

Pj. Bupati Buton bersyukur Pemda dan Dekranasda Buton mengikuti pameran produk fesyen pada ajang Indonesia Fashion Week 2023 dengan menampilkan tenunan khas Buton dari pewarna alam.

Kepala Daerah di Bumi Penghasil Aspal Alam Terbesar di Dunia itu menyampikan hal itu akan berimplemnetasi pada peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Buton.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Buton bersama Dekranasda Buton, berpartisipasi dalam pameran, dengan menampilkan tenunan khas yang menarik dengan pewarna alamnya. Dan itu adalah salah satu yang menjadi andalan dalam setiap pameran, selain tenunan khas alam ada anyaman. Tentu ini merupakan bagian dari cara peningkatan ekonomi kerakyatan masayarakat kita khusunya pengrajin di Kabupaten Buton,” ungkap Basiran.

Basiran juga mengatakan, Pemkab Buton dan Dekranasda Buton berupaya maksimal dalam peningkatan kualitas pengrajin dan pemberdayaan dengan memberikan bantuan dan pelatihan.

“Pemda Buton dan Dekranasda Buton terus berupaya maksimal memberikan bantuan dalam bentuk dana dari Pemda dan pembinaan. Bahkan ada juga dana sukarela dari kepala OPD dan Dekranasda untuk pembinaan pengrajin yang ada di Kabupaten Buton,” ujarnya.

Dikatakannya, Kabupaten Buton diundang untuk menghadiri Konfrensi Kelautan Perikanan Dunia di Panama dan akan menampilkan kerajinan dari Kabupaten Buton.

BACA JUGA :  Pemkab Buton Teken NHPD Pengamanan Pemilu Bersama Polres Buton

“Selain itu dalam waktu dekat ini, kami diundang dengan Rare Indonesia dalam Konfrensi Kelautan Perikanan Dunia dan mendapat sambutan hangat dari Duta besar Indonesia di Panama yang meminta kami dari Pemda Kabupaten Buton untuk membawa berbagai kerajinan masyarakat Buton,” tuturnya.

Terakhir, Pj. Bupati Buton berharap agar pengrajin terus berkarya dan meningkatkan kerajinan yang mereka buat.

“Harapannya kepada pengrajin Buton, terus membuat kerajinan yang baik dan lebih modern, lebih disukai di pasaran dan tentunya kreatifitasnya bisa ditingkatkan,” tutupnya.

Setelah mengunjungi boot pameran Dekranasda Buton, Pj. Bupati Buton bersama Wakil Dekranasda Buton dan pengurus lainnya turut menyaksikan peragaan busana khas dari Sulawesi Tenggara di Plenarry Hall, JCC, Balai Sidang Senayan Jakarta.

IFW yang digelar mulai 22 hingga 26 Februari 2023 itu dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno.

Pameran produk fesyen IFW 2023 menghadirkan 400 karya pengrajin dan 300 desainer dari seluruh Indonesia, dengan tema “Sagara dari Timur” (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.