Festival Perairan Baubau: Bangkitkan Geliat Pariwisata dan Stimulan Perekonomian Daerah

MonitorSultra.Com, BAUBAU – Festival perairan Kota Baubau yang yang berlangsung 26-29 Oktober 2023 resmi dibuka Plh. Sekda Baubau, La Ode Aswad mewakili Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Muhammad Rasman Manafi, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di areal Terminal Lakologou diawali penanaman pohon, dilanjutkan senam bersama yang diikuti jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Baubau.

Event tahunan itu, tampak semarak dengan penampilan 130 penari kolosal oleh Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Lakologou.

“Tentu festival hari ini menjadi titik awal bangkitnya kembali sektor pariwisata di Kota Baubau, sekaligus menjadi stimulan perekonomian daerah pasca Covid-19,” kata Plh. Sekda Baubau, La Ode Aswad dalam sambutannya.

La Ode Aswad didampingi perwakilan Forum komunikasi pimpinan daerah, memimpin langsung pelepasan puluhan peserta perahu hias dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya festival tersebut.

Asisten I Setda Baubau ini berharap, pelaksanaan festival terus ditingkatkan dan berinovasi agar menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan Kepulauan Buton (Kepton).

Sementara itu, Kepala Disparekraf Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi menjelaskan, pelaksanaan festival perairan merupakan salah satu prioritas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Perhelatan event pariwisata, kata Idrus, menjadi magnet menarik dan pilihan terbaik pasca pandemi.

“Pemulihan ekonomi sangat penting sehingga event ini dilaksanakan dengan semangat kolaboratif,” tambahnya.

 

Dikatakan, kegiatan tersebut melibatkan elemen pemerintah dan masyarakat. Hal itu bertujuan membangkitkan kolaborasi seluruh elemen dalam mengangkat potensi pariwisata ekonomi kreatif, melestarikan budaya serta menjadikan pariwisata ekonomi kreatif yang ramah lingkungan.

Dia berharap, perayaan festival perairan tahun 2023 berdampak dengan peningkatan angka kunjungan wisata yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal. (adm)

BACA JUGA :  Pemred Media Online di Buton Kecam Oknum yang Halangi Wartawan Saat Bertugas: Bertentangan dengan Semangat Demokrasi dan Kemerdekaan Pers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.