Berita  

Gelar Sosialisasi Calon Independen Pilkada 2024, Ketua KPU Buton Harap Masyarakat: Jangan Kaget Jika Ada yang Minta Foto KTP, Wajib Tau Syaratnya

MONITORSULTRA, BUTON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton menggelar sosialisasi pemenuhan syarat minimal dukungan dan sebaran calon perseorangan atau independen dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Buton tahun 2024.

Sosialisasi digelar di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, Rabu (8/5/2024).

Dihadiri antara antara lain, Perwakilan Polres Buton, Ketua Bawaslu Buton Maman, Perwakilan Capil, Balon Bupati Buton H. Rasyid Mangura, Para Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Buton.

Dalam sambutannya Ketua KPU Buton, Rahmatia berharap kepada para kepala desa dan lurah agar menyampaikan informasi kepada masyarakatnya, dalam waktu beberapa hari ini akan ada yang datang minta foto KTP, itu adalah Calon Bupati dan wakil Bupati Buton yang melalui jalur independen.

“Dalam waktu dekat ini akan turun baik itu sebagai calon perseorangan untuk meminta KTP nya atau memfoto KTP nya itu jangan kaget itu adalah dari calon kepala daerah yang akan menempuh jalur independen dan itu dibolehkan dalam undangan-undang,” kata Rahmatia.

Rahmatia juga mengimbau kepada Calon atau tim pemenangan yang melalui jalur independen agar sebelum meminta foto KTP-EL kepada masyarakat terlebih dahulu melapor kepada pimpinan wilayah desa/lurah atau Camat setempat.

 

“Untuk tertibnya baik yang calon kepala daerah ini dia melapor kepala desa atau lurah dan camat ketika dia masuk dalam wilayah bapak dan ibu sekalian supaya kepala desa lurah tau bahwa ada tahapan ini (pengumpulan KTP-red) yang sedang berjalan,” imbaunya.

Ia menyebutkan, saat ini sudah masuk dalam tahapan penyerahan syarat dokumen calon perseorangan, jadwalnya mulai tanggal 8 Mei-12 Mei 2024.

“Syarat dukungan itu adalah KTP elektronik ini akan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan tersebut,” sebutnya.

“Jadi KTP yang dikumpulkan oleh calon perseorangan untuk kandidat calon Bupati maupun wakil Bupati berdasarkan jumlah wajib pilih di Kabupaten Buton dalam regulasi berdasarkan pasal 41 undangan undangan 10 tahun 2018 bahwa jumlah penduduk yang terdaftar dalam DPT dengan jumlah 2500 kebawah maka dia harus memenuhi 10 persen dari jumlah DPT,” tutupnya.

BACA JUGA :  Butuh Uluran Tangan, Sebuah Rumah di Buton Hangus Dilahap Si Jago Merah

 

Berikut syarat minimal dan sebaran dukungan dalam calon Bupati dan Wakil Bupati Buton tahun 2024, nomor: 10/PP.03-Pu/7404/2/2024

Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 41 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang, dan Pasal 9 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, KPU Kabupaten Buton mengumumkan hal-hal sebagai berikut:

1. Bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Buton Tahun 2024 dapat mendaftar jika memenuhi:

a. Syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam Daftar Pemiih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum atau Pemilihan sebelumnya yang paling akhir di daerah bersangkutan, dengan ketentuan kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa harus didukung paling sedikit 10% (sepuluh persen);

b. Jumlah dukungan sebagaimana dimaksud pada huruf a harus tersebar di lebih dari 50% (limah puluh persen) jumlah kecamatan di kabupaten/kota dimaksud.

2. Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Buton Nomor 24 Tahun 2023 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, bahwa:

a. Jumlah Pemilih yang masuk dalam DPT adalah sebanyak 79.097 Jiwa sehingga jumlah syarat dukungan pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Buton Tahun 2024 dengan pembulatan ke atas adalah sebanyak 7.910 Jiwa;

b. Jumlah dukungan sebanyak dimaksud pada huruf a harus tersebar paling sedikit di 4 (empat) Kecamatan;

3. Surat pernyataan dukungan bakal pasangan perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Buton menggunakan format sebagaimana terlampir, sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemailihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020, dengan menempelkan bukti identitas kependudukan berupa fotocopi KTP-el atau fotocopi keterangan perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

BACA JUGA :  Sosialisasi di Buton, Ir Hugua Sebut Moratorium DOB Dibuka, Begini Penjelasan Tito Karnavian

4. Dalam hal terdapat pendukung yang usia dan pekerjaan yang tercantum di dalam identitas kependudukan belum memenuhi syarat dan tidak sesuai dengan kondisi terkini pendukung, maka pendukung dapat menyerahkan surat pernyataan identitas pendukung (format surat terlampir) yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sudah/pernah kawin dan/atau tidak lagi memiliki pekerjaan sebagaimana tercantum di dalam identitas kependudukan.

Penulis: Rasmin Tara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.