Terapkan Prinsip Kerja Sama dan Kesopanan Peserta Didik, Tim Peneliti UMB Giat Program Abdi Masyarakat di SMA N 2 Pasarwajo

MONITORSULTRA.com, Buton – Tim peneliti Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) Baubau melakukan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat. Program ini mengusung tema penerapan prinsip kerja sama dan kesopanan di sekolah.

Kegiatan tersebut merupakan perdana khususnya diwilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan pertama kali diselenggarakan di SMA Negeri 2 Pasarwajo, tepatnya di Desa Dongkala, Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, pada Sabtu, (8/1/2022).

Ketua tim peneliti, Dr. Firman Alamsyah Mansur, M.A mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah agar siswa-siswi dapat memahami maksi-maksim atau prinsip dalam membangun kerja sama antara siswa dengan guru, juga sopan sesama siswa dan orang lain.

“Tidak hanya dengan siswa tetapi dengan guru juga dan bagaimana mereka bisa sopan dengan sesama siswa dengan orang lain dan dengan guru,” kata Firman.

“Dan prinsip ini merupakan kecakapan yang sangat dibutuhkan di abad 21 ini,” sambungnya.

Sehingga, lanjut Firman melalui kegiatan ini, siswa nanti pada akhirnya, diharapkan dapat membangun kerjasama yang baik dan berperilaku sopan ditengah masyarakat.

“Sehingga nantinya mereka itu ketika tumbuh dewasa masuk di perguruan tinggi mempunyai banyak teman dan dapat meningkatkan kualitasnya dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada kegiatan itu, pihaknya merasa bersyukur karena Kepala Sekolah SMA N 2 Pasarwajo, Lam Banguna, S.Pd, M.M bersama para siswanya menyambut dengan baik dan sangat antusias dalam merespon kegiatan tersebut.

“Kita bersyukur bapak kepala sekolahnya menyambut dengan baik dan pada pelaksanaannya siswa-siswi SMA 2 Pasarwajo sangat antusias merespon kegiatan ini,” rasa syukur Firman.

Untuk itu, masih kata Firman, pihaknya berharap kedepannya kegiatan ini akan terus dikembangkan dengan lebih baik lagi.

“Kita berharap kedepannya kita bisa mengembangkan kegiatan ini lebih sistematis lagi,” harapnya.

BACA JUGA :  Bantu Ketersediaan Stok Darah PMI, Polres Buton Gelar Bakti Donor Darah

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 2 Pasarwajo Lam Banguna, S.Pd, M.M dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tim peneliti UMB Baubau yang telah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat khususnya di SMA Negeri 2 Pasarwajo ini.

“Artinya ini perdana tapi sangat bermanfaat sebagai penumbuhan karakter siswa, alias dapat meningkatkan karakter siswa buat kehidupan sekolah dan Insya Allah, ilmu yang diperoleh selama beberapa jam ini dapat dilaksanakan oleh anak-anak kami dan bisa merubah tingkah laku atau sifat-sifat yang dimiliki oleh warga sekolah,” kata mantan Kasek SMA N 1 Siotapina ini.

Alumni Universitas Pattimura Ambon ini, mengimbau kepada siswa yang telah mengikuti kegiatan itu, agar saling memberi masukan dan pandangan tentang arti kerja sama dan kesopanan terhadap guru dengan siswa dan orang lain.

Sehingga Lanjut Lam Banguna, diharapkan sekolah yang dipimpinnya akan menjadi sekolah yang beradab, berwibawa dan berprestasi.

“Sekolah kami akan lebih baik, akan menjadi sekolah yang beradab, berwibawa dan akan memiliki prestasi yang lebih baik kedepan dan kami berharap kedepan bisa lagi kembali,” ujar alumni S-2 ( STIE – GR ) Jakarta ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kasek SMA N 2 Pasarwajo ini tak lupa mengucapkan terimakasih kepada tim peneliti UMB Baubau yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud program sekolah penggerak dari pemerintah.

“Sering-sering datang disekolah kami untuk memberikan ilmu-ilmu bermanfaat buat anak-anak kami, kami sangat berterima kasih,” tutup Lam Banguna.

Sebagai tambahan, yang mendampingi dalam Tim itu antara lain, Arsad, S.Pd., M.Hum., Muammar, S.Pd., M.Pd, dan perwakilan tim pedamping dari Mahasiswa UMB Baubau, Harnas Muhammad dan Crew.

BACA JUGA :  Giat Apel Gelar Pasukan Persiapan Porprov Sultra, Kapolres Buton Harap Personel Jauhi Sifat Arogan

Penulis: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.