Berita  

Gubernur Sultra H. Ali Mazi Tinjau Lokasi Rawan Bencana di Kabawakole Buton

MonitorSultra.Com, BUTON – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, S.H, meninjau langsung lokasi rawan bencana di Desa Kabawakole, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, pada Senin, (28/3/2022), sekira pukul 17:30 WITA.

Peninjauan itu, juga dilangsungkan dengan acara pilawaciano Cimburu (musim Timur) oleh masyarakat dan tokoh adat desa setempat.

Nampak,Talud roboh dihantam ombak

Turut mendampingi dilokasi tersebut diantaranya, Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Buton, Sabaruddin Paena, Sestama BNPB RI, DR. Lilik Kurniawan, S.T, M.Si, Kapolres Buton, AKBP Gunarko, S.I.K, M.Si.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, mengatakan, kunjungan kerjanya di Buton ini salah satunya adalah untuk memastikan kondisi Talud yang hancur akibat hantaman ombak yang terjadi di Desa Kabawakole.

Nampak, Talud hancur dekat rumah warga.

“Nah ini kan kehadiran Sestama (Sekretaris utama) BNPB, kehadiran saya selaku Gubernur untuk datang memastikan, bahwa benar ada Talud yang hancur karena ombak,” kata Ketua DPW Nasdem Sultra ini.

Orang nomor 1 di Provinsi Sultra ini mengungkapkan, setelah meninjau kondisi Talud tersebut pihaknya akan membuat laporan untuk dapat dianggarkan diperubahan pada 2022 ini agar dilakukan perbaikan.

Selain itu, Ali Mazi berharap kepada Sestama BNPB Pusat untuk segera menurunkan bantuannya.

“Kalau kita sudah lihat seperti ini kita akan bikin laporan, kita akan programkan mudah-mudahan segera kita tangani,” ujarnya.

“Begitu pula dipusat nanti, mudah-mudahan Sestama lihat begini bisa ada turun bantuan segera,” sambungnya.

Namun, perbaikan Talud tersebut masih kata Ali Mazi, pihaknya akan melihat juga kelebihan anggaran pada perubahan nanti.

“Kita melihat anggaran kita, kalau anggaran kita ada berlebihan ya pasti kita anggarkan, kita melihat diperubahan anggaran kan,” ujar politisi Nasdem ini.

BACA JUGA :  Belanja Pakaian Seragam SD Diduga Tak Sesuai, Kabid Dikdas Tak Tahu Menahu, Kadispend Tak Dapat Dihubungi

Untuk itu, Gubernur Sultra dua periode ini, bakal meminta kepada Bupati Buton, Drs La Bakry, untuk mendesain kembali gambar Talud tersebut, agar dapat terlaksana dengan baik dan aman.

“Mudah-mudahanlah kita perhatikan, nanti saya minta Bupati untuk gambar dulu,” pungkasnya.

Sementara itu, Sestama BNPB RI, DR. Lilik Kurniawan, belum ingin dikonfirmasi.

“Jangan dulu ya, ini lagi buru-buru,” singkatnya.

Penulis: Rasmin Tara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.