Jokowi Sebut Dunia Sedang Tak Baik-baik Saja, Saat Ini 91 Negara Terlibat Konflik

Presiden Jokowidodo/goggle

MonitorSultra.com – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Jokowi mengungkapkan, saat ini negara yang terlibat dalam konflik semakin banyak.

“Kita tahu dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Menurut Global East Index 2023 konflik global semakin marak. Tahun 2008 ada 58 negara yang terlibat dalam konflik dan saat ini menjadi 91 negara,” kata Jokowi dalam sambutannya di ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (IIDC), di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023).

Jokowi menuturkan angka kematian global akibat konflik pun saat ini meningkat. Tak hanya itu, konflik global itu disebutnya juga berdampak pada ekonomi global.

“Angka kematian akibat konflik global pun meningkat menjadi 238.000 jiwa dan dampak ekonomi dampak, kerugian ekonomi naik 17% menjadi 17,5 triliun US Dollar, setara dengan 13% dari GDP Global. Sangat besar sekali,” tuturnya.

Jokowi pun berharap ASEAN memiliki komitmen yang sama. ASEAN dimintanya untuk menjadi jangkar perdamaian dunia.

“Saya yakin bapak ibu yang hadir di sini memiliki komitmen yang sama dengan saya bahwa ASEAN harus menjadi teladan toleransi dan persatuan. ASEAN harus menjadi jangkar perdamaian dunia,” ujarnya (adm).

Sumber: detik.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.