Sekda Buton Ikuti Rakor TPID Via Zoom Bersama Pemerintah Pusat

MonitorSultra, BUTON – Sekertaris daerah (Setda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd,. MSi mewakili Penjabat Bupati Buton Drs. La Ode Mustari, M.Si, mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) TPID via zoom bersama pemerintah pusat di Anjungan Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Buton, Takawa, Rabu (3/1/2024).

Rakor Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buton ini juga melibatkan unsur Forkopimda Kabupaten Buton, Kepala BPS Kabupaten Buton.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi minggu pertama Januari tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D.

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengatakan berdasarkan survey ada dua isu utama di masyarakat, yaitu lapangan pekerjaan dan masalah stabilitasi bahan pangan. Gejolak-gejolak yang lain di berbagai negara juga dipicu masalah pangan, sehingga hal ini menimbulkan gejolak keamanan dan politik.

“Jangan bosan dalam penanganan inflasi karena ini menyangkut stabilisasi bahan pangan,” imbau Tito.

Mantan Kapolri ini menyebutkan perkembangan inflasi global, Indonesia menduduki posisi ke 53 dari 186 negara didunia, peringkat ke-7 dari 24 Negara G20, dan peringkat ke-4 dari 11 Negara ASEAN.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari BPS, tingkat inflasi bulan kebulan (Desember 2023 terhadap November 2023) sebesar 0,41%, sedangkan inflasi tahun ke tahun dan inflasi tahun kalender Desember 2023 terhadap Desember 2022 sebesar 2,61%,” sebut Tito Karnavian.

Maka dapat disimpulkan, tingkat Inflasi  Desember 2023 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, sedangkan tekanan inflasi tahunan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Lebih lanjut, usai Rakor Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd,. MSi di hadapan TPID Buton mengingatkan strategi yang dilakukan tim TPID Kabupaten Buton dalam menekan inflasi yaitu dengan Inspeksi dadakan (Sidan) atau memantau ketersediaan stok dan pergerakan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor yang ada di Kabupaten Buton terutama di Pasar Kaloko dan Pasar Sabho, yang ada di kecamatan Pasarwajo, Ibu kota Kabupaten Buton.

BACA JUGA :  Cegah Stunting, Pj Bupati La Ode Mustari Kunker di Puskesmas Wakaokili

Selain itu, TPID juga berkoordinasi dengan stakeholder untuk kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui operasi pasar atau pasar murah.

Tak hanya itu, TPID Kabupaten Buton bakal mencanangkan menanam bersama di setiap hari Jum’at dan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong yang ada di kompleks perkantoran Takawa terutama menanam cabe yang saat ini mempengaruhi angka inflasi.

(Adm). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.