..

Penjabat Bupati Buton La Ode Mustari Lepas Logistik Pemilu

MONITORSULTRA, BUTON – Pj. Bupati Buton, Drs. Laode Mustari, MSi secara resmi melepas pendistribusian logistik Pemilu dengan menggunakan 12 unit mobil truk yang disalurkan ke gudang logistik di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Buton.

Pelepasan dilakukan di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton, Senin (12/2/2024) pagi.

Pendistribusian logistik Pemilu tersebut dihadiri langsung Ketua KPU Sultra, Dr. Asril, SSos, MSi.

Selain itu, turut hadir Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen.,SH.,S.I.K.,M.I.Kom, Dandim 1413/Buton, Letkol Infantri Ketut Janji SH, unsur Forkpimda Buton, Kepala OPD terkait, Ketua KPU Buton, Rahmatia, SKM, Ketua Bawaslu Buton, Maman, SH,.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Buton berharap agar pihak TNI Polri dapat mengawal pendestribusian longistik ini, serta menjamin kemanan dari jumlah, kualitas, dan tidak adanya indikasi kerusakan lain.

“Semoga pesta demokrasi tahun 2024 berjalan dengan sukses, mari kita sama- sama mengawal ini,” ajaknya

Orang nomor satu di Buton ini juga akan mengawal jalannya pesta demokrasi di Bumi penghasil Aspal alam terbesar di dunia itu supaya berjalan lancara aman dan tertib.

“Saya juga pada berbagai kesempatan mengingatkan semua pihak untuk menyukseskan Pemilu termasuk ASN untuk bersikap netral,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU Sultra, menjelaskan pendistribusian logistik ini merupakan bagian dari tahapan Pemilu damai 2024 yang sedang berlangsung.

“Kedua belas truk tersebut terdiri dari Kecamatan Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina dan Pasarwajo masing-masing dua mobil, Sedangkan Kecamatan Wabula dan Wolowa masing-masing satu mobil,” sebutnya.

“Untuk Kecamatan Pasarwajo berada di dalam kota jadi masih bisa mengambil kekurangan, kita utamakan dulu yang daerah terjauh,” jelas Ketua KPU.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, longistik Pemilu yang disalurkan hari ini akan ditampung di gudang longistik tiap kecamatan. Nanti pada Selasa, 13 Februari 2024, bakal disalurkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa dan kelurahan.

BACA JUGA :  Resmikan Galampa Wabula, Pj Bupati Buton Dinobatkan sebagai Bhasarapu Wabula

Selain itu, ia menjelaskan, logistik ini akan disebar di 356 TPS yang ada di Buton. Logistik ini digunakan akan melayani Daftar Pemilih Tetap (DPT) Buton sebanyak 79 ribu orang.

Penyaluran logistik ini kata Ketua KPU Sultra terbilang berjalan lancar. Semua kecamatan yang ada di Buton dapat diakses melalui jalur darat. Hanya ada beberapa tempat pemungutan suara (PTS) di desa sulit dijangkau. Aksesnya harus menggunakan jalur laut, TPS ini rata-rata ada di Kecamatan Lasalimu, tepatnya di Dusun Bajo, Desa Benteng, dan Desa Talaga Baru.

“Kalau untuk ke TPS memang ada daerah yang sulit terjangkau, terus terisolir. Misalnya Desa Benteng. Desa Benteng itu, ada satu TPS di daratan dan ada satu TPS di Bajo, untuk ke sana perlu menyusuri sungai, dan untuk Desa Talaga Baru harus menggunakan kendaraan laut,” ujarnya.

Asril juga menjelaskan, untuk pembuatan TPS setiap kecamatan sudah dirampungkan. Untuk memastikan kesiapan ini rencananya KPU segera melakukan monitoring pembuatan TPS tiap kecamatan.

Selain TPS, Asril juga mengaku pihaknya juga sudah menyelesaikan pendistribusian C6 kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk diteruskan ke daftar pemilih tetap (DPT) .

Sebelum menutup Ketua KPU berharap agar penyelenggaraan pesta demokrasi ini berjalan sukses, ia meminta doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Buton.

(Adm). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.>.>