..

Turunkan Angka Stunting, Pj Bupati Buton Beri Susu Gratis Bagi Ibu Hamil

MONITORSULTRA, BUTON – Penjabat Bupati Buton Drs La Ode Mustari, MSi memberi susu gratsi kepada ibu hamil dalam rangka menekan angka stunting di wilayah administrasinya.

Peluncuran susu gratis dilakukan pada rapat kordinasi percepatan penurunan angka stunting, di Desa Bungi, Kecamatan, Wolowa Kabupaten Buton, Sulawesi, Rabu, (28/2/2024).

Turut menghadiri antara lain, Sekda Buton, Ketua TP PKK Buton, Asisten 1, Kepala BPS Buton, Camat Wolowa, Kepala Desa se-Kecamatan Wolowa.

Selain susu gratis, La Ode Mustari telah membagikan susu dan telur sebagai protein hewani bagi anak – anak di lingkup wilayah Kabupaten Buton.

La Ode Mustari mengatakan bahwa stunting ini masih menjadi masalah serius bangsa ini, hingga ini butuh perhatian khusus dari pemerintah.

Dengan program susu gratis bagi ibu hamil ini diharapkan dalam menggenjot penurunan angka stunting khususnya di wilayah Kabupaten Buton.

“Kita luncurkan susu gratis bagi ibu hamil sebagai nutrisi tambahan, karena ibu hamil saat masih banyak yang kena stunting, dan kalau dibiarkan anaknya yang lahir itu akan stunting juga,” ungkap La Ode Mustari.

Orang nomor satu di bumi penghasil aspal ini, menyebut sebelum diketahui stunting nenek moyang kita di Buton ini telah punya cara tersendiri dalam mencegah stunting.

Banyak tradisi di Buton yang dipercaya sebagai anti kekebalan tubuh, yang dapat membuat anak kuat, terhindar dari penyakit, dan cerdas.

“Tradisi Dole-dole, Posipo, ada Juga Piangko, itu merupakan tradisi nenek moyang kita, orang tua kita dulu – dulu dalam mencegah stunting, jadi anak itu aka tumbuh kuat dan cerdas,” jelasnya.

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin mengatakan bahwa stunting ini berbeda dengan gizi buruk. Stunting dicegah seribu hari prakehidupan.

BACA JUGA :  TPPS Dinkes Buton Gelar Rapat Diseminasi Stunting

“Gizi buruk itu, kita tinggal kontrol asupan protein, makanan yang ia konsumsi. Lengkapi asupan nutrisinya, tetapi kalau stunting kita harus cegah diseribu hari prakehidupan,” tandasnya.

Ia juga meminta kepada selurub OPD terkait untuk bersinergi sama – sama dalam percepatan penurunan angkat stunting.

(Ras).

Sumber: Telisik.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.>.>