..

Sejahterakan Nelayan, Pemda Buton Salurkan Bantuan 102 Unit Armada Katinting 

MONITORSULTRA, BUTON – Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin S.Pd, M.Si mewakili Pj. Bupati Buton menyerahkan bantuan sarana usaha perikanan kepada pelaku usaha perikanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Buton.

Penyaluran dilakukan di Pelataran PPI, Kelurahan Takimpo, Jumat (1/3/2024).

Bantuan usaha yang diserahkan berupa sarana dan prasarana Kerang mabe sebanyak 6 unit, Armada Katinting sebanyak 102 unit, Rumpon sebanyak 9 unit, Armada tuna hand line sebanyak 2 unit, Mesin Inboard 24 PK sebanyak 5 unit, GPS sebanyak 5 unit, Jaring Insang sebanyak 14 unit, termos ikan sebanyak 105 buah, pass kecil kapal perikanan sebanyak 76 buah dan bantuan pengadaan jaring sero sebanyak 300 Kilo gram yang penerimanya tersebar di seluruh daerah Kabupaten Buton.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Buton, Perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton, Kepala Dinas Pariwisata dan Para Eselon II dan III Lingkup Pemkab Buton.

Dalam sambutannya perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Sadudin, ST MM menyampaikan, pihaknya dari KSOP Kelas II Baubau menyerahkan pass kecil sebanyak 147 buah kepada masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Buton yang telah diukur pada tahun 2023 lalu.

Ia mengatakan, pass kecilnya sekarang berupa kartu bernama e-pass kecil yang bekerja sama dengan BNI dimana dapat bermanfaat untuk berbelanja dan juga bermanfaat sebagai tanda kepemilikan kapal.

“Persyaratan untuk memiliki e-pas kecil diantaranya KTP, surat keterangan hak milik, surat keterangan tukang yang disahkan oleh lurah dan camat setempat,” katanya.

Disampaikannya, program ini merupakan program Kementerian Perhubungan Pusat yang diamanahkan kepada daerah untuk menerbitkan e-pas kecil di Kabupaten Buton.

BACA JUGA :  Terima Hasil Penilaian Kepatuhan 2023 dari Ombudsman Sultra, La Ode Mustari: Perbaiki Pelayanan di Buton

Sadudin menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buton atas kerjasamanya. Untuk kedepannya harapan kami semua kapal-kapal yang di perairan Buton memiliki e-pass kecil.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin S.Pd, M.Si mewakili Pj. Bupati Buton memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton atas nama Pemerintah Kabupaten Buton yang selalu mengupayakan bagaimana nelayan di Kabupaten Buton ini bisa diberdayakan.

Jenderal ASN Buton itu mengatakan bahwa potensi perikanan yang ada di wilayah Kabupaten Buton ini cukup besar hanya saja kita keterbatasan armada.

Untuk itu Pemerintahan Kabupaten Buton memberikan bantuan kepada masyarakat nelayan yang di Kabupaten Buton untuk memanfaatkan potensi besar itu dengan baik.

“Sebagaimana yang kita tau persis bahwa, Kabupaten Buton telah masuk dalam kategori wilayah WPPT 714 karena potensi perikanan yang bisa kita dapat sekitar 1,5 juta ton karena laut Banda dan laut Flores memiliki potensi ikan yang cukup besar,” ungkap Asnawi.

Lebih lanjut, Mantan Kadis Sosial Buton mengatakan, jika nelayan Buton sejahtera kemudian dilengkapi dengan segala peralatan itu dapat mencegah angka kemiskinan di Kabupaten Buton.

“Kabupaten Buton berada di posisi 13% dari penduduk kita yang masuk dalam kategori miskin yang sebagian besar ada di nelayan dan petani itulah yang menjadi perhatian kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Buton,” ujarnya.

Asnawi berharap kepada penerima bantuan untuk menggunakan bantuan yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Buton dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahtera nelayan di Buton.

(Adm). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.>.>