Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Gelar Orientasi TPK Tingkat Kabupaten Buton 2024

MONITORSULTRA, BUTON – Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Buton melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) desa dan kelurahan.

Hal itu, tertuang dalam Peraturan presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021, TPK terdiri dari tiga unsur yaitu, Bidan atau tenaga kesehatan, kader PKK dan kader Keluarga Berencana (KB).

“Tim ini bertugas untuk melakukan pendampingan, rujukan dan fasilitasi Bansos bagi sasaran keluarga berisiko stunting di wilayah masing-masing,” demikian sambutan Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Kabupaten Buton Astrid S, ST., M.Kes mewakili Plt Kadisnya Sarnia, SKM,. M.Si di Aula Kantor Perpusda Buton Kecamatan Pasarwajo, Sabtu (9/3/2024).

Astrid mengatakan, orientasi TPK merupakan upaya peningkatan sumber daya bagi kader KB, kader PKK dan tenaga medis (bidan) yang tergabung dalam TPK dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

“Kita mengharapkan dari orientasi TPK ini dapat meningkatkan sumber daya manusia, TPK akan semakin memahami tugas, peran dan fungsinya masing-masing dalam melakukan pendampingan kepada sasaran keluarga berisiko stunting, sehingga prevalensi stunting Kabupaten Buton dapat turun sesuai harapan pemerintah,” katanya.

Pada kesempatannya, wanita bergelar Magister itu mengimbau kepada para peserta orientasi agar setelah kegiatan tersebut diharapkan mampu melakukan pendampingan berbasis aplikasi dalam rangka mencegah stunting khususnya pemanfaatan maksimal aplikasi elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

Lebih lanjut, kegiatan orientasi TPK tingkat Kabupaten Buton dilaksanakan dalam 5 angkatan selama 4 hari dari tanggal 6-9 Maret 2024 dengan jumlah sasaran TPK sebanyak 219 peserta yang dimulai dari Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, Kapontori, Siotapina, dan berakhir di Kecamatan Wolowa dan Wabula.

BACA JUGA :  Pj Bupati La Ode Mustari: Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak Adalah Isu Strategis Pj. Bupati Buton

Penulis: Rasmin Tara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.