Karang Taruna Wolowa Gandeng Mahasiswa KKL STAI YPIQ Baubau Peringati Malam Nuzulul Quran, Dirangkai Perpisahan

MONITORSULTRA, BUTON – Karang Taruna (KT)Desa Wolowa mengandeng Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau, dalam rangka memperingati malam nuzulul quran, yang dilaksanakan di Lapangan Voli, Desa Wolowa, Kecamatan Wolowa Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Jumat (29/3/2024) malam.

Tepat empat puluh hari dimalam nuzul quran Mahasiswa KKL itu telah usai melakukan kegiatan lapangannya sehingga acara tersebut dirangkaikan dengan acara perpisahan.

Acara itu, diawali dengan penampilan dari Taman Kanak-kanak Negeri 20 Buton desa Wolowa dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Harmila perwakilan majelis taklim Desa Wolowa dan pembacaan doa oleh Hamran, Mahasiswa STAI YPIQ Baubau.

Turut hadir antara lain, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, mewakili Ketua BPD, Kepala Desa Wolowa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua TP PKK Kecamatan Wolowa dan Desa Wolowa, mewakili Kapolsek Wolowa dan mewakili Kapus Desa Wolowa.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Munawirudin Manggo dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan nuzulul quran pada malam hari ini semata-mata hanya untuk memperingati hari turunya Al-Quran.

“Karena Al-Quran diturunkan merupakan kitab yang terakhir dari kitab-kitab sebelumnya dan Al-Quran diturunkan untuk umat manusia untuk kejalan yang benar,” kata Manggo.

Pria, dengan sapaan akrab Manggo itu menyebutkan, adapun lomba yang dilakukan diantaranya, lomba azan, lomba salat berjamaah dan lomba hafalan surat-surat pendek.

“Dan masih ada lagi kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan mungkin anak-kanak SD dan anak TK di desa kita,” sebutnya.

Dalam kesempatannya, Manggo mengucapkan terimakasih kepada panitia, Karang Taruna, Remaja Masjid terlebih lagi kepada Mahasiswa KKL STAI YPIQ yang telah banyak berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan nuzulul quran itu.

“Dan juga saya mengucapakan banyak terimakasih kepada, Bapak Camat Wolowa, Kepala KUA Wolowa, Kepala Desa Wolowa dan seluruh hadirin yang hadir ditempat ini walaupun tadi dengan kondisi hujan alhamdulillah dengan niat baiknya kita, saudara-saudaraku sekalian terpanggil hatinya untuk datang di acara pada malam hari ini untuk meramaikan kegiatan ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Plt Kadishub Buton Bakal Berlakukan Sistem Trayek Angkutan di Terminal Tipe B Wasaga, Berikut Rutenya¬†

“Mudah-mudahan malam hari ini bukan menjadi malam suatu hambatan tapi malam berkah untuk kita semua,” ucapnya.

Diakhir laporannya, Manggro selaku ketua panitia mewakili teman-temannya tak lupa menyampaikan permohonan maaf kepada semua yang hadir, jika terdapat kekeliruan dalam penulisan nama dan gelar, kiranya untuk bisa dimaafkan.

“Saya dari ketua pelaksana kegiatan ini mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila mungkin didalam penulisan nama gelar, tidak sesuai dengan apa yang ditulis saya selalu ketua panitia mewakili seluruh panitia yang lain mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” pintanya.

Sementara itu, Camat Wolowa La Sura dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa KKL karena dalam pelaksanaan kegiatan itu pemerintah kecamatan merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa selama 40 hari di dalam pelaksanaan kegiatan ini kami selaku pemerintah kecamatan juga merasa terbantu disamping pemerintah Desa kami ada beberapa kegiatan kemarin yang kami lakukan juga kami melibatkan dari adik-adik mahasiswa,” kata Camat Wolowa.

Tak hanya itu, La Sura juga mengucapkan terimakasih kepada sivitas akademika perguruan tinggi STAI YPQI Baubau atas dialokasikannya mahasiswa yang KKL di Kecamatan Wolowa dan Desa Wolowa khususnya.

“Kami juga berharap tahun kedepan bila ada program juga terkait dengan KKL ini kami di Kecamatan Wolowa juga siap untuk menerima mahasiswa karena banyak kegiatan-kegiatan mereka yang bisa kita padukan di kegiatan-kegiatan di Kecamatan ataupun di pemerintahan desa,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga, pihak supervisi lapangan mewakili dosen pembimbing menyampaikan permohonan maaf jika ada hal tidak berkenan dari Mahasiswa KKL STAI YPQI harap dimaklumi.

“Dengan berakhirnya tanggal 30 penarikan mahasiswa KKL, sekali lagi saya selaku supervisi lapangan yang mewakili dosen pembimbing yang tidak sempat hadir pada malam ini memohon maaf yang sebesar-besarnya, mungkin ada yang tidak berkenan oleh mahasiswa kami tolong dimaklumi,” harapnya.

BACA JUGA :  Wakil Ketua PKN Buton Tegaskan Syaraswati Samiun Siap Bertarung di Pilkada Buton 2024: Perempuan Juga Layak Jadi Pemimpin

Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Camat dan Kepala Desa Wolowa beserta masyarakat yang telah menerima mahasiswa tersebut dengan baik.

“Tidak lupa saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena berkait bimbingan petunjuk dan perhatian bisa berkolaborasi menyukseskan malam nuzulul quran yang dirangkaikan dengan acara perpisahan mahasiswa KKL,” pungkasnya.

Pantauan media ini, mewakili dosen pembimbing, supervisi lapangan diperkenankan untuk memberi cendramata kepada Kepala Desa Wolowa sebagai kenang-kenangan dari Mahasiswa KKL STAI YPQI tahun akademik 2024.

Sebelumnya, kegiatan itu juga diisi dengan tausiah oleh Kepala KUA Kecamatan Wolowa.

Penulis: Rasmin Tara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.