Sah Daftar ke KPU Buton, Syaraswati Samiun – Rasyid Mangura Lewat Jalur Independen Pilkada 2024

MONITORSULTRA, BUTON – Pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Buton, Syaraswati Samiun – Rasyid Mangura atau “SYARA” telah menyerahkan syarat minimal dukungan calon perseorangan atau independen ke KPU untuk Pilkada Buton 2024

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua PKN Kabupaten Buton, La Ode Ali, S.Pd, Senin (13/5/2024).

“Alhamdulilah tadi malam, pasangan “SYARA” sudah secara resmi menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU Kabupaten Buton,” katanya.

Pihaknya lanjut La Ode Ali, menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU sekira pukul 23.00 WITA. Dan dari hasil pemeriksaan awal dinyatakan lengkap dan diterima.

“Tadi malam itu kita serahkan sekitar pukul 23.00, dan dari hasil pemeriksaan awal dari KPU dinyatakan lengkap dan diterima,” ujarnya.

La Ode Ali menambahkan, terhadap syarat dokumen tersebut, pihaknya diberikan waktu 3×24 jam oleh KPU untuk melakukan perbaikan dokumen.

“Kami diberikan waktu oleh KPU selama 3×24 jam terhitung sejak berita acara penerimaan syarat dokumen diterima oleh KPU untuk melakukan perbaikan dokumen,” jelasnya.

“Dan alhamdulilah memang dokumen yang kami masukan sebagai syarat dukungan calon perseorangan itu sesuai dengan ketentuan PKPU yaitu 10 persen dari DPT Pemilu terakhir dengan sebaran minimal 4 kecamatan, bahkan yang kami masukan lebih yaitu sekitar 8000 lebih, dan sebarannyapun tersebar di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Buton,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Buton Rahmatia mengatakan, terkait penyerahan syarat dokumen pasangan Syaraswati – H. Rasyid Mangura pihaknya sudah menerbitkan berita acara penerimaan syarat dokumen berupa fotokopi KTP EL.

“Saraswati, H. Rasyid Mangura tadi malam itu datang di KPU sekitar jam 11 kalau nda salah, kita sudah terbitkan berita acara penerimaan syarat dokumen yang sudah disiapkan di KPU,” kata Rahmatia saat dikonfirmasi media ini, Senin (13/5/2024).

BACA JUGA :  Pastikan Stok BBM, Polres Buton Sidak SPBU Rauf Galupu Pasarwajo

Rahmatia menyebutkan, jumlah KTP yang diserahkan ke KPU oleh pasangan “SYARA” lebih dari 8000 fotokopi.

“Yang mereka bawah itu 8000 lebih, kan dia minimal itu 7910 karena 10 persen dari DPT to. Kita sudah terbitkan itu berita acara penerimaan syarat dokumennya,” sebutnya.

Ia menjelaskan, setelah pasangan calon perseorangan sudah mengupload semua syarat dokumen melalui SILON, maka KPU akan melakukan validasi data KTP tersebut.

“KPU melakukan validasi setelah mereka mengupload semua dokumen di SILON KPU, kita melakukan validasi data KTP dari KTP yang mereka kirimkan ke KPU itu, misalnya dia jangan sampai dia ganda atau dia sudah tidak memenuhi syarat dalam hal dia meninggal atau dalam hal dia sudah lolos jadi TNI Polri,” jelasnya.

“Jadi kami dari KPU tetap memberikan mereka ruang untuk berkoordinasi dengan operator KPU jika terkendala hal-hal tehnis,” tutupnya.

Untuk diketahui, tahapan pencalonan akan dilakukan sampai Agustus 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.