..

Peringati HKN 59, Pemda Buton Launching Imunisasi Hepatitis B Bagi Nakes

MonitorSultra.Com, BUTON – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Buton melaunching imunisasi hepatitis B, bagi Tenaga kesehatan (Nakes) dan pendistribusian baju seragam lapangan kader Kepo, pada Minggu (24/12/2023) di Kelurahan Kamaru Kecamatan Lasalimu.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Safaruddin, S.IP, M.Si mengucapkan selamat hari HKN 59.

Kadinkes Buton Syafaruddin, SKM., M.Kes saat menyampaikan sambutannya.

“Selamat hari kesehatan nasional ke 59 tanggal 12 November 2023 yang di rayakan pada hari ini tanggal 24 Desember 2023 kepada seluruh keluarga besar kesehatan di Kabupaten Buton dimana saja berada semoga selalu sehat wal afiat dan terus bersemangat dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Buton yang sama kita cintai,” ucap Pj dihadapan masyarakat.

Safaruddin menjelaskan, pelayanan kesehatan merupakan hak dasar dan sebagai unsur kesejahteraan masyarakat Indonesia dan merupakan salah satu unsur utama untuk mencapai visi Indonesia emas 2045.

“Oleh karena itu tema hari kesehatan nasional ke-59 tahun 2023 yaitu “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” mutlak kita laksanakan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan adalah untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Buton, lanjut Safaruddin, terus berkomitmen dalam mendukung pelayanan kesehatan sebagai upaya mendukung transformasi kesehatan terutama dalam aspek Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, sarana dan prasarana kesehatan seperti Puskesmas, Pustu dan Rumah Sakit), serta pembiayaan kesehatan .

Safaruddin menyebutkan, ramah tamah HKN pada hari itu juga dirangkaikan pelauchingan pemberian imunisasi hepatitis B kepada tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Buton yang merupakan program baru yang bersifat nasional dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
“Saya berharap agar semua petugas kesehatan yang menjadi sasaran imunisasi tersebut mendapatkan imunisasi hepatitis B,” harapnya.

BACA JUGA :  Wakili Buton Dalam Lomba Pogram Pokok PKK, Delya Montolalu La Bakry Harap Kambulambulana Raih Juara Pertama

Selanjutnya pada rangkaian ramah tamah HKNini juga akan diberikan secara simbolis pakaian kerja lapangan kader kepo se-Kabupaten Buton yang berjumlah 1.030 orang.

Laporan Ketua Panitia HKN, Sekdin Dinkes Buton Rusnadi, SKM, M.Si.

“Kader kepo adalah kader yang ingin banyak tahu tentang informasi kesehatan dan selanjutnya mereka menyampaikan informasi kesehatan kepada keluarga binaan mereka dimana setiap kader kepo membina 10-25 keluarga,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Pj Bupati Buton tak lupa menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tinggin kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu tanpa mengenal lelah dengan penuh dedikasi yang tulus tanpa batas dalam mengabdikan diri melaksanakan pembangunan kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Buton baik itu di perkotaan maupun pedesaan.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh lintas sektor yang telah berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Buton,” ucapnya.

Pemberian secara simbolis baju kaos kader kepo oleh Kadinkes Buton.

Sementara itu, Kepala Dinas Kabupaten Buton, Syafaruddin, SKM, M.Kes mengharapkan pada momentum perayaan HKN itu menjadi ajang memupuk peningkatan silaturahmi keluarga besar insan kesehatan di Kabupaten Buton.

“Dan memberikan semangat untuk lebih meningkatkan pelayanan dan darma bakti kepada masyarakat guna pencapaian tujuan pembangunan kesehatan yaitu mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya di kabupaten Buton yang sama kita cintai,” kata Syafaruddin dalam sambutannya.

Syafaruddin menyebutkan, sebelum dimulainya acara ramah tamah HKN tersebut terlebih dahulu dilakukan senam bersama pengukuran kebugaran tenaga kesehatan dan screening kesehatan.

Informasi tambahan, semestinya HKN jatuh pada 12 November 2023 namun karena kesibukan akreditasi Puskesmas pada 20 November s.d 20 Desember sehingga baru dirayakan pada 24 Desember 2023.

(Adm). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.>.>