Mudik Lebaran, Polres Buton Bekerja Sama Pemda, NU dan Kemenag Gelar Sejuta Vaksinasi Booster

MonitorSultra.Com, BUTON – Kepolisian resort (Polres) Buton bekerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kemenag dan Pemda Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menggelar sejuta vaksinasi Booster di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasarwajo, tepatnya di Desa Laburunci, Kecamatan Pasarwajo.

Vaksinasi Booster itu digelar selama tiga hari, mulai dari Kamis, (21/4) sampai dengan Sabtu, (23/4/2022), pagi hari dan sore hari menjelang buka puasa. Tak hanya vaksin Booster, dosis 1 dan 2 juga masih tetap dilayani.

Kapolres Buton, AKBP Gunarko mengatakan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyambut hari raya idul Fitri bagi pemudik supaya aman dan sehat seperti instruksi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

“Kita mendorong untuk dilaksanakannya vaksinasi khususnya Booster supaya nanti pelaksanaan lebaran itu lebih aman dan lebih siap masyarakatnya,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, (20/4/2022).

Vaksinasi Booster itu, lanjut Gunarko, bakal menyasar kepada Lansia, menurutnya Lansia sangat berisiko terhadap penularan Covid-19.

“Sasaran utamanya Lansia, yang riskan itu kan Lansia. Karena mereka kan menerima tamu, anak cucunya akan silaturahmi, sungkemanlah,” ujarnya.

Tujuan vaksinasi Booster ini, kata AKBP Gunarko, agar masyarakat saat berpergian keluar daerah tidak lagi melakukan tes PCR dan Antigen.

“Disisi lain juga supaya masyarakat juga berpergian ke mana-mana sekarang dengan adanya dosis lengkap sudah tidak ada tes-tes, PCR ataupun antigen lagi,” sebutnya.

“Saya sudah membuktikan sendiri bahwa kalau udah vaksin lengkap cukup dengan aplikasi Peduli lindungi, bisa langsung terbang,” mencontohkan.

Untuk itu, AKBP Gunarko mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton, untuk melakukan vaksinasi Booster agar herd immunity saat menyambut hari raya idul Fitri tercipta aman dan sehat.

BACA JUGA :  Pemda Buton Tatap Muka Bersama Senior Program Officer Angel Foundation (Domor Program PAAP) Usa dan Tim Rare Indonesia

“Menghimbau kepada masyarakat tidak hanya berlaku tiga hari kedepan untuk kita sama-sama menyiapkan kekebalan. Supaya aman dan sehat mari lengkapi vaksinasi ini sampai dengan dosis lengkap supaya kekebalan immunity itu tercipta,” imbaunya.

Selain di Kecamatan Pasarwajo, AKBP Gunarko menyampaikan, di Puskesmas Kecamatan lain juga tetap membuka pelayanan vaksinasi Booster, 1 dan 2.

“Selain itu untuk sekitar kecamatan bisa di Puskesmas-puskesmas terdekat tetap dilayani jadi, Puskesmas Kecamatan juga melayani, misalkan yang Kapuntori kan jauh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Polres Buton juga bekerja sama dengan para tokoh di Kecamatan Pasarwajo GP Ansor dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton.

Penulis: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.