Redaksi

Pemdes Galanti Terima Penyerahan Mahasiswa KKA UM Buton

Ketgam: Kades Galanti foto bersama mahasiswa KKA UM Buton.

MonitorSultra, BUTON – Pemerintahan Desa Galanti menerima Penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Amaliah (KKA) Universitas Muhammadiyah Buton, tahun akademik 2022/2023, dari Dosen Pembibing Lapangan (DPL) UM Buton.

Penyerahan itu dilakukan di Kantor Desa Galanti, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (22/9/2022).

Dengan Peserta KKA berjumlah 14 orang yang terdiri dari berbagai jurusan antara lain, PGSD, Manajemen, Akuntansi, PBSI dan Pendidikan Agama Islam.

Saat dikonfirmasi, Dosen Pembimbing Lapangan, Herman La Welai menyebutkan tujuan dari KKA ini dilakukan yaitu:

1. Agar Mahasiswa UM Buton lebih menghayati masalah yang sangat kompleks yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan dan mampu menanggulangi masalah tersebut sesuai dengan kepakaran mahasiswa.

2. Agar UM Buton lebih dekat dengan masyarakat dan lebih meningkatkan kualitas dan relevansi program-programnya dengan tuntutan pembangunan.

3. Agar UM Buton dapat membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan pedesaan.

4.Agar tercipta sinergi antar disiplin ilmu pengetahuan.

5. Agar tumbuh wawasan dan kesadaran dinamika sosial dalam pembangunan masyarakat.

6. Agar tumbuh rasa bangga, sengat kerja dan kemandirian masyarakat.

Untuk itu, Herman berharap semoga kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKA itu bisa berkontribusi terhadap pembangunan Desa Galanti, paling tidak dari segi pengembangan SDM bisa termanfaatkan baik dibidang pendidikan maupun keagamaan.

“Karena mereka ini kan berfariasi dari segi jurusan maupun prodi mereka jadi, background nya ekonomi bisa saja mendampingi kelompok-kelompok UMKM kemudian Badan Usaha milik Desa,” kata Herman.

“Kemudian yang Background dari keguruan bisa membantu terhadap sumber daya manusia di bidang pendidikan dan keagamaan,” tambahnya.

Selain itu, dalam arahannya Herman menyampaikan kepada para Mahasiswa KKA supaya saat penentuan program kerja diupayakan betul-betul tepat sasaran.

“Selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan berkolaborasi dalam pelaksanaannya,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa Galanti, La Jamil mengucapkan selamat datang kepada para peserta mahasiswa KKA yang melaksanakan tugas kuliah didesa yang dipimpinnya.

“Selamat datang di Desa Galanti, semoga apa yang menjadi arahan dari Bapak dosen pembimbing tadi dapat berjalan dengan baik, sesuai harapan kita semua,” kata La Jamil.

Seperti tujuan dari KKA ini, lanjut La Jamil, bahwa mahasiswa dituntut untuk lebih dekat dengan masyarakat dan lebih meningkatkan kualitas dan relevansi dalam menjalankan programnya dengan tuntutan pembangunan.

“Harapan kami selaku Pemerintah desa, semoga ilmu yang didapat di bangku kuliah dapat diimplementasikan ditengah-tengah masyarakat,” harapnya.

“Dan kepada adik-adik mahasiswa KKA, diharapkan kita saling kerja sama, tukar pikiran bagaimana agar program kerja yang ditentukan dapat berjalan baik dan lancar,” pungkasnya.

(Ras).

Exit mobile version