Redaksi

Fakultas Teknik UM Buton Gandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Gelar Pelatihan BIM, Peserta Bakal Dapat Ini

MonitorSultra.Com, BAUBAU – Dalam rangka menghadapi persaingan global menuju 4.0, Fakultas Teknik Universitas Muhammadyah Buton (UMB) mengandeng balai jasa konstruksi wilayah Vl Makassar menggelar pelatihan Building Information Modelling (BIM), di Kampus UM Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan dilaksanakan selama enam hari sejak Senin, 24 s.d Sabtu, 29 Oktober 2022. Menghadirkan Instruktur yaitu Muh. Sayfullah. S dan Hendra Kundrad. SR

Para Instruktur ini adalah dosen yang telah lulus mengikuti pelatihan BIM dari Master Instruktur Trimble Solutions Indonesia.

Mewakili panitia penyelenggara, Heru Soemardijono, dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan pelatihan itu adalah merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dengan Trimbel Solution SEA Pte.Ltd.

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga ahli menghadapi persaingan global menuju revolusi industri dan digitalisasi teknologi konstruksi 4.0,” kata Heru, seperti rilis melalui WhatsApp kepada media ini, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini, kata Heru, sejalan dengan instruksi presiden dalam konteks pembangunan IKN.

“Bahwa penggunaan BIM mampu mempermudah koordinasi dan integrasi lintas sektor sehingga terwujud efisiensi, pengendalian manajemen pelaksanaan konstruksi hingga serah terima pemanfaatan aset,” ujarnya.

Heru menyebutkan, Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menargetkan pelatihan BIM tahun ini bakal diikuti dua ribu orang peserta.

Peserta yang aktif dan hadir selama kegiatan pelatihan, akan mendapatkan Sertifikat dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dan yang lulus akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Trimble Level Intermediate dari PT. Trimble Solution SEA Pte. Ltd.

Pelatihan kali ini, masih kata Heru, rencananya diikuti lima puluh orang peserta yang berasal dari Perguruan tinggi yang terdiri dari Dosen, Alumni, Mahasiswa, ASN teknis dan Guru.

Diakhir laporannya, Heru Soemardijono mewakili semua jajarannya tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Buton atas dukungannya.

“Sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kegiatan pelatihan itu dibiayai dari alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Tahun Anggaran 2022.

(Rasmin Tara)

Exit mobile version