Daerah  

Satukan Persepsi Laporan, Kadis DPMD Kabupaten Buton Kembali Gelar Kegiatan Lokalatih

MONITORSULTRA.com, Buton – Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar lokalatih untuk penguatan Laporan tahunan BUMDes, di Auala SMPN 2 Buton.

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar selama 6 hari, dimulai sejak hari ini Jum’at (24/9)sampai dengan Rabu, (29/9/2021).

Kepala dinas DPMD kabupaten Buton Murtaba Muru mengatakan, tujuan diadakan pelatihan ini untuk kembali menyamakan persepsi terkait laporan tahunan pengurus BUMDes ke pemerintah desa.

“Jadi BUMDes selama ini sudah membuat laporan tapi mungkin belum satu pemahaman sehingga dengan pelatihan ini kita samakan persepsi disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang terbaru,” katanya, Jum’at, (24/9/2021).

“Sehingga nanti desa-desa tidak mengalami kesulitan untuk melaporkan laporan BUMDes nya setiap tahun,” sambungnya.

Untuk itu, kegiatan tersebut lanjut Murtaba, pihaknya mengundang masing-masing unsur pemerintah desa dan BPD untuk dapat mengikuti pelatihan tentang tata cara penyusunan laporan keuangan BUMDes.

“Pelatihanlah untuk para pengurus BUMDes kita mengundang juga dari unsur pemerintah desa dan BPD,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, masih kata Murtaba, akan diajarkan beberapa cara menyusun laporan salah satunya teknik membuat neraca.

“Karena disini diajarkan bagaimana cara membuat neraca bagaimana cara membuat laporan, mau transaksi dan seterusnya,” sebutnya.

Disebutkan kegiatan itu akan dibagi menjadi 2 sesi. Hari ini Kecamatan Pasarwajo, Wabula, Siotapina, Wolowa dan Kecamatan Lasalimu Selatan untuk sesi pertama. Kecamatan Lasalimu dan Kapuntori itu sesi kedua.

“Rencana ini kita akan bagi dua sesi 3 hari pertama ini untuk 5 kecamatan dari tanggal 24 sampai tanggal 26 nanti 27, 28, 29 di Kapuntori yang diikuti kecamatan Lasalimu dan Kecamatan Kapuntori,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton juga menggelar kegiatan lokalatih terkait peningkatan kapasitas BPD dan Pemerintah Desa pada Senin, (24/5/2021) lalu.

BACA JUGA :  Antisipasi Konflik Masyarakat Jelang Tahun Baru, Sejumlah Forkopimda Lakukan Rakor Terbatas

Turut Hadir Dalam kegiatan tersebut diantaranya, Direktur Yayasan Idrap, Bahaludin selaku pemateri lokalatih bersama crew.

Penulis: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.