Wakbub Iis Elianti Launching Vaksinasi Anak Usia 6 – 11 tahun, Syafaruddin Ucapkan terima Kasih Kepada Semua Pihak

MONITORSULTRA.com, Buton – Wakil Bupati Buton, Iis Eliyanti membuka secara resmi launching pencanangan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Lapangan Pasarwajo, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara pada Jum’at, (28/1/2022).

Bupati Buton, Drs La Bakry, melalui Wakilnya mengatakan, dengan angka kematian anak akibat Covid-19 di perkirakan mencapai 1.800 anak. Tingginya kasus kematian pada anak tersebut disebabkan karena kurangnya pemeriksaan dan scrining yang dilakukan pada anak sehingga berimbas pada keterlambatan deteksi dan penanganannya.

“Oleh karena itu, patut kita bersyukur karena saat ini telah tersedia vaksinasi Covid-19 yang diperuntukan anak usia 6 sampai 11 tahun. Anak merupakan kelompok yang sangat rentan dan berisiko tinggi terpapar covid-19. Sehingga dengan ketersedian vaksin Covid-19 anak usia 6-11 tahun ini diharapkan mendapatakan kekebalan serta perlindungan dari paparan covid-19,” kata Iis Elianti saat menyampaikan sambutannya.

Orang nomor 2 di Kabupaten Buton ini, juga mengatakan pemerintah menjamin vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan itu sesuai dengan standar keamanan dan telah melewati uji klinis yang ketat berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/Menkes/6688/2021 tanggal 13 Desember tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksin covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Sehingga produk tersebut sudah dipastikan aman dan efektif digunakan untuk anak-anak kita,” ujarnya.

Mantan Anggota DPRD Buton ini juga menyampaikan pelaksanaan lauching pencanangan vaksinasi anak usia 6 sampai11 tahun ini merupakan bukti bahwa Kabupaten Buton siap dan optimis dalam menyukseskan vaksinasi tersebut.

“Olehkarena itu, saya mengimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Mitra TNI/POLRI, lembaga vertikal, Kementerian Agama, ibu-ibu penggerak PKK, ibu- ibu Dharma Wanita Persatuan, para kepala sekolah, dan para guru agar terus aktif dalam memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai vaksinasi covid-19 ini kepada seluruh lapisan masyarakat utamanya orang tua murid,” tegas Iis.

BACA JUGA :  Hadiri HUT Kota Baubau ke-481, Pj Bupati Basiran: Tuapa Lele Miana Baubau

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin mengatakan, tujuan vaksinasi ini dilakukan untuk menciptakan hard immunity kekebalan dan pertahanan inveksi Covid-19, dengan syarat minimal cakupan vaksinasi  dosis satu adalah 70 persen.

Sesuai dengan putusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia lanjut Syafaruddin, tertanggal 13 Desember 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Corona virus disease 2019 (Covid-19). Sasarannya yaitu pada anak  usia 12 tahun keatas dan ditambah untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi yang telah kita lakukan pada tanggal 24 Januari yang lalu di gedung Wakaka dan merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Buton dan Dinas Pendidikan Kabupaten Buton dan didukung Forkopimda Kabupaten Buton,” ujar Syafaruddin dalam laporannya.

Selain itu, kata Syafaruddin,  pelaksanaan vaksinasi ini, merupakan tanda dimulainya pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun di Kabupaten Buton. Juga untuk memperoleh dukungan dari lintas sektor maupun lintas program dalam pencanangannya.

Ia menyebutkan, jumlah sasaran pencanangan hari ini sebanyak 100 anak yang berasal dari beberapa sekolah dasar (SD) yang berada disekitaran Pasarwajo.

“Dan Alhamdulillah dengan penuh antusias, orang tua murid telah membawa anak-anak muridnya anak-anaknya beserta guru-guru yang bisa saksikan hari ini. Penuh antusias dan ini kami ucapkan terimakasi kepada semua pihak,” pungkasnya.

Launching tersebut, dihadiri oleh Kapolres Buton bersama Ibu, Dandim 1413/Buton bersama Ibu, Kepala Kejaksaan Negeri Pasarwajo, Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton yang diwakili Asisten I, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Buton, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Buton.

Penulis: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.