Uji Fungsi Replikasi Pamsimas III di Waanguangu, Bupati Buton Singgung Tanaman Pala dan Kopi

MONITORSULTRA.com, Buton – Bupati Buton, Drs La Bakry melakukan uji fungsi dan serah terima sarana dan prasarana kegiatan  replikasi program Pamsimas III di Desa Waanguangu, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, pada Selasa, (15/2/2022).

Dalam sambutannya, Ketua DPD ll Golkar Buton ini mengharapkan agar Pamsimas itu dikelolah dengan maksimal dan professional. Ia pun mencontohkan kepada masyarakat Desa Waanguangu agar mengadakan musyawarah mengenai iuran untuk biaya pemeliharaan seperti di Desa Laburunci.

“Untuk itu dimusyawarahkan. Jadi ketika ada kerusakan bisa diperbaiki. Asal harganya bisa terjangkau untuk masyarakat dan harus ada petugas pengawasan untuk ini,” ujarnya.

Saat ini Desa Wanguwangu, lanjut orang nomor 1 di Kabupaten Buton ini, sudah ‘‘merdeka’’ dengan Air bersih. Sehingga direncanakan Air bersih di desa-desa lain bisa terpenuhi dan meminta kepada masyarakat untuk terus bersyukur atas semua ini.

Selain itu, Ketua DPW Bapera Sultra ini mengatakan untuk menciptakan masyarakat yang aktif dan produktif,  La Bakry mengajak masyarakat Desa Waanguangu untuk membudidaya tanaman Pala dan Kopi, karena hasilnya menurutnya sangat menjanjikan.

“Saya lagi perjuangkan di Kementerian terkait  untuk jalan tani. Sehingga kita berkoordinasi terus dengan Dinas Pertanian. Semua itu dilakukan untuk masyarakat sehingga produktif untuk menanam,” ungkap La Bakry.

Terutama tanaman Pala, kata Bupati Buton, untuk itu, Ia mengajak masyarakat Desa Wanguwangu untuk menanam Pala karena peluang ekonominya menjanjikan termasuk tanaman Kopi.

Pada kesempatan itu,  Bupati Buton mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo, karena atas kucuran program Dana desa (DD) sehingga perencanaan didesa bisa terpenuhi.

“Mari kita sama-sama bersyukur atas semua ini. Selama ini Dana desa hanya kecil dibanding saat ini dana nya sangat besar dan ditambah ADD dari pemerintah,” tandasnya.

BACA JUGA :  Bupati Buton Resmikan Pelatihan Usaha Home Stay, Rusdi Nudi: Praktek Lapangannya Nanti Di Pasir Hitam Wolowa Baru

Editor: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.