UPTD Puskesmas Lasel Diresmikan, Syafaruddin Ucapkan Terimakasih Kepada Bupati La Bakry dan Kajari Buton

MONITORSULTRA.com, Buton –  Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si, didampingi Kajari Buton Ledrik V.M Takaendang, S.H, M.H, meresmikan gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan (Lasel) tepatnya di Desa Ambuau Togo, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada Rabu, (16/2/2022).

Bangunan yang bersumber dari dana DAK tahun 2021 ini menelan biaya sebesar Rp6,4 milyar dan diselesaikan pada Desember 2021 lalu.

Dalam sambutannya Bupati La Bakry menyampaikan, pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas ini dapat memberikan solusi kesehatan terhadap masyarakat Lasalimu Selatan dan sekitarnya. Dengan demikian, setelah  gedung tersebut difungsikan diharapkan masyarakat dapat dilayani dengan baik.

Selain itu, lanjut La Bakry,  pihaknya akan terus mengusulkan kembali kepada pemerintah pusat supaya ada lagi penambahan  gedung baru UPTD Puskesmas khususnya di wilayah Kabupaten Buton.

“Kita lagi usulkan 11 kemarin, tetapi kita tertahan juga oleh Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, tapi tidak apa-apa, mudah-mudahan apabila bangunan ini telah berfungsi lalu kemudian masyarakat terlayani dengan baik kita bisa yakinkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, dan mungkin juga Pak Kajari punya jaringan-jaringan disana kita bisa lakukan koordinasi sehingga kita di Kabupaten Buton dapat diberikan tambahan bangunan baru UPTD Puskesmas,” katanya.

Pada kesempatan  itu, Ketua DPD II Golkar Buton ini mengatakan, mewakili seluruh jajaran  Pemda Kabupaten Buton juga seluruh masyarakat,  mengucapkan terima kasih kepada Kejari Buton dalam memberikan pendampingan hukum terhadap setiap kegiatan yang ada diwilayah Kabupaten Buton.

“Terima kasih Pak Kajari telah memberikan pendampingan sehingga setiap tahapan itu betul-betul dijamin, bukan saja menjamin proses tahapan kemudian berdampak korupsi tetapi juga keberhasilannya karena dari situ maka tidak akan lagi kerugian keuangan negara. Itu merupakan bentuk pencegahan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Buton, V.M Ledrik Takaendang dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap Ketua DPW Bapera Sultra bersama jajarannya juga para Nakes yang terus bersemangat untuk menjadi garda terdepan menjaga masyarakat dari ancaman virus Covid-19.

“Puji syukur alhamdulilah kita semua masih bisa bertahan, khususnya Pak Bupati beserta jajaran dan seluruh tenaga-tenaga Nakes masih bersemangat untuk bagaimana menjadi garda terdepan menjaga masyarakat dari serangan virus Covid-19,” kata Ledrik saat mengawali sambutannya.

BACA JUGA :  Melalui Kasi Intel, Azer J Orno, Kajari Buton Sosialisasikan "WA SARU", Nuansa Kearifan Lokal

Tak hanya itu, mantan Koordinator Jaksa pada Asisten Intelijen Kejati Sulawesi Utara ini juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati La Bakry yang telah memberi kepercayaan kepada Kejari Buton dalam memberikan pendampingan hukum terhadap seluruh OPD lingkup Pemkab Buton dalam mengamankan seluruh proses kegiatan, baik pekerjaan tersebut mulai ditender hingga pelaksanaannya sehingga tidak ada lagi permasalahan hukum yang dihadapi nantinya.

“Dan kami memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati Buton karena dengan latar belakang beliau yang juga seorang akademisi memahami betul bahwa penting untuk membangun koordinasi, membangun hubungan dengan sesama Forkopimda khususnya kami dari Kejaksaan yang telah dipercayakan dalam memberikan pendampingan hukum dan pengamanan kepada setiap proyek strategis yang ada di daerah,” tuturnya.

“Hari ini sekali lagi, saya selaku pimpinan Kejari Buton berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pak Bupati kepala kami sehingga hari ini kita melihat gedung yang sangat cantik ini diresmikan,” sambungnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar kerjasama yang telah terbangun ini terus ditingkatkan sehingga nantinya tidak ada lagi aparatur pemerintah sampai tingkat desa yang terjerat kasus hukum.

“Dan harapan kami Pak Bupati kerjasama yang telah dibangun antara pemerintah dan Kejari Buton terus kita tingkatkan sehingga mungkin tidak hanya saja di kesehatan tetapi bahkan sampai perangkat desa karena kami di Kejari Buton punya beberapa program unggulan untuk di desa sehingga saya berharap tidak ada lagi aparatur pemerintah kabupaten sampai tingkat desa yang akan berhadapan dengan hukum,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Ledrik menyampaikan bahwa gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan yang akan diresmikan ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, pelayanan terus ditingkatkan sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin, S.KM, M.Kes,  Dalam laporannya menyampaikan, bahwa pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan bisa terlaksana karena adanya dukungan dan motivasi dari Pemerintah daerah dalam hal ini Bupat Butoni Drs La Bakry, M.Si.

“Sehingga saya selaku Kadis Kesehatan Kabupaten Buton beserta seluruh jajaran Puskesmas mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Bupati Buton sehingga pembangunan gedung baru yang hari ini kita resmikan bisa terlaksana,” katanya.

BACA JUGA :  Organisasi Wanita Forkopimda Buton Gelar Arisan dan Silaturahmi

Lebih lanjut, Syafaruddin menyebutkan, pada 2022 ini, juga akan dibangun gedung baru UPTD Puskesmas Siontapina dengan tipe dan model yang serupa dengan Puskesmas Lasalimu Selatan.

Ia mengatakan, selama proses pengerjaan pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan Kejari Buton terus melakukan pendampingan hukum guna mencegah masalah administrasi maupun masalah hukum lainnya.

“Dan Alhamdulillah berkat pendampingan hukum tersebut pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan dapat berjalan lancar dan sukses tanpa ada hambatan apapun,” syukurnya.

Menurutnya, pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas ini merupakan salah satu isu strategis pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Buton yang dilakukan secara merata serta peningkatan mutu sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas untuk menunjang pelaksanaan program pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sehingga diharapkan dengan adanya gedung baru ini menjadi semangat baru bagi petugas Puskesmas Lasalimu Selatan dalam memberikan layanan kesehatan yang prima kepada masyarakat Lasalimu Selatan dan sekitarnya,” pungkasnya.

Hadir dalam peresmian itu diantaranya, Kasi Intel Kejari Buton Karimudin, Asisten l Setda Kabupaten Buton, Kapus dan para Nakes Puskesmas Lasalimu Selatan.

Sebagai informasi tambahan, bahwa selain peresmian gedung baru UPTD Puskesmas Lasalimu Selatan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan SK Kepala Tata Usaha (KTU) Puskesmas se-Kabupaten Buton oleh Bupati Buton.

Editor: Rasmin Tara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.