.

Kunker di Kecamatan Wolowa, Pj Bupati Buton Imbau Para Kades Jaga Ketahanan Pangan di Desa dan Singgung Miras

Drs Basiran, M.Si

MonitorSultra, BUTON – Penjabat Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si, melakukan Kunjungan kerja (Kunker) sekaligus silaturahmi bersama masyarakat di Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Kamis, (8/9/2022).

Dalam kunjungannya, Drs. Basiran didampingi Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin dan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Buton, Sabaruddin Paena, menyempatkan diri berkeliling memantau kondisi ruangan kantor Camat Wolowa, Bangunan UPTD, Balai Penyuluh Pertanian dan Kantor BKKBN Kecamatan Wolowa.

Amatan media ini, silaturahmi itu, dihadiri antara lain, Kepala Dinas BKKBN Kabupaten Buton, Asruddin, Dokter Hewan, Kapolsek Wolowa Ipda La Ode Kustian, Batibung Serma La Tihani, para Kades dan para tokoh se-Kecamatan Wolowa.

Penjabat Bupati Buton, Drs Basiran, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kepada para Kades supaya memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mengembangkan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan di desa masing-masing.

“Kedepan Dana Desa, bagaimana menjaga ketahanan pangan juga bagaimana menjaga inflasi, tapi kalau sudah jalan ketahanan pangan inflasi juga akan berkurang,” kata Basiran dalam sambutannya.

Ia pun juga sudah menyampaikan kepada Kadis DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru untuk selalu melaksanakan pembinaan terkait ketahanan pangan dan inflasi di desa-desa wilayah Buton.

“Kepala dinas DPMD saya sudah sampaikan untuk selalu melaksanakan pembinaan terkait maslah ini, karena alokasi dana desa itu amanah negara kepada kepala desa untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Kepala BPKAD Provinsi Sultra ini menitip pesan kepada para Kades yang sempat hadir agar menyampaikan kemasyarakatnya untuk menghindari Minuman keras (Miras), karena salah satu pemicu terjadinya pertikaian antara kelompok masyarakat adalah minuman keras.

“Salah satu penyebab terjadinya perkelahian antar remaja, antar desa, antara kelompok masyarakat karena minuman keras, oleh karena itu hindari Miras,” bebernya

BACA JUGA :  Pj Bupati Buton Minta IBI Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Profesi

“Oleh sebab itu tolong kasitau generasi kita Buton ini bisa bagus kedepan seperti pak Asnawi sebagai Sekda Buton jika generasi mudanya hari ini tidak suka minum Miras,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, Basiran menyampaikan salam hormat dari Bapak Gubernur H. Ali Mazi, S.H, beliau menitip salam kepada ibu-ibu dan masyarakat di Kecamatan Wolowa dan masyarakat Kabupaten Buton. tolong bantu namanya La Basiran, yang jadi Pj Bupati di Buton.

Kedatangan Basiran di Buton karena Bapak H. Ali Mazi. Orang yang selalu memperhatikan kemaslahatan masyarakat Sulawesi Tenggara, mudah-mudahan beliau nanti selalu memberikan perhatian.

“Mudah-mudahan kita semua dalam lindungan Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa. Wolowa adalah negeri yang aman, makmur dan sejahtera jika mana masyarakatnya perduli terhadap lingkungan sekitarnya jangan pernah bosan untuk selalu berinovasi dan berkreasi khususnya ibu-ibu bagaimana menggalakkan asupan gizi sayur dan buah,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si, didampingi Ketua Fraksi Nasdem DPRD Buton Sabaruddin Paena, memberikan dua penghargaan kepada Kepala desa (Kades) yaitu Kepala Desa Kumbewaha, Muharuddin dan Kepala Desa Kuraa, Irwan.

Penghargaan itu diberikan saat Basiran melakukan Kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Siotapina, Desa Kumbewaha, Sabtu (3/9/2022) pagi, bertempat di Halaman Kantor Camat Siotapina.

Dalam kunker tersebut Pj Bupati Buton turut didampingi antara lain, Asisten I Setda Buton, Alimani, serta para Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton.

(Ras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.