Tingkatkan Pelayanan Publik, Pj Bupati Buton Teken MoU Bersama Ombusdman RI

MonitorSultra.Com, BUTON – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pj. Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si menandatangani nota kesepakatan dengan Kepala Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih di Ruang Serbaguna Gedung ORI Jakarta pada Kamis (23/2/2023).

Nota Kesepakatan bersama ini terkait sinergi peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Buton.

Hadir pula, mewakili Gubernur Sultra, Abdul Rahim, Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan dan sejumlah kepala daerah se-Sulawesi Tenggara atau yang mewakili dengan agenda meneken MoU yang sama.

Dalam sambutannya, Kepala Ombudsman RI, Mokhammad Najih mengharapkan kerja sama antara Ombudsman RI sebagai lembaga pengawas pelayanan 0ublik dengan seluruh instansi dan/atau lembaga penyelenggara layanan. Melalui nota kesepakatan ini, semoga terjalin sinergi yang baik antara Ombudsman RI dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Sultra.

“Terutama pada bagian yang menjadi objek kerjasama seperti percepatan penyelesaian laporan masyarakat, pencegahan maladministrasi, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia, dan pertukaran data dan informasi,” ujarnya.

Mokhammad Najih menuturkan, nota kesepakatan ini agar dijadikan motivasi dan komitmen bersama dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah masing-masing khususnya melalui digitalisasi yang diintegrasikan melalui satu aplikasi agar menjadi one stop services bagi masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Abdul Rahim, staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kemasyarakatan mewakili Gubernur Sultra, kerja sama ini merupakan bentuk sinergi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pencegahan mal administrasi dan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Sebagai Pemerintah Sultra, kami sangat mengapresiasi inisiatif Ombudsman RI dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Ombudsman RI dan Pemerintah Kab/ Kota di wilayah Provinsi Sultra untuk memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas, efektif dan efisien bagi kepentingan masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kunker di Kecamatan Wolowa, Pj Bupati Buton Imbau Para Kades Jaga Ketahanan Pangan di Desa dan Singgung Miras

Sementara itu, Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si, menyampaikan MoU yang ditandatangan dengan ORI sebagai landasan sinergi untuk melaksanakan kerja sama dan koordinasi dengan ORI dalam meningkatkan kualitas pelayanan public di lingkup Pemkab Buton.

“Selain itu, MoU ini juga untuk pencegahan maladministrasi dan percepatan penyelesaian laporan pengaduan masyarakat atas pelayanan public di Lingkup Pemkab Buton,” katanya.

Basiran menegaskan, dengan MoU ini tentu pelayanan publik dapat kita tingkatkan. MoU ini kita harapkan akan memberikan dampak yang lebih baik terhadap masyarakat.

“Kita juga akan mendorong perangkat daerah memenuhi standar pelayanan public, dan menjalankan SOP pelayanan publik yang berlaku dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” tegas Bupati Buton usai melakukan penandatanganan bersama ORI di Jakarta.

Tambahan informasi, nota kesepakatan ini menjadi landasan kerja sama dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, dan untuk mempercepat penyelesaian laporan/pengaduan masyarakat atas dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Ras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.