.

Pj. Bupati Buton di Undang Hadiri Konferensi Kelautan Dunia Our Ocean Conference 2023 di Amerika Tengah

MonitorSultra.Com, BUTON – Dua kepala daerah di Indonesia akan mewakili Indonesia dalam perhelatan konferensi kelautan dunia our ocean conference 2023 di Panama, Amerika Tengah.

Dua Kepala daerah tersebut yakni, Pj. Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, Drs. Basiran, M.Si dan Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si.

Konferensi kelautan ini bertajuk 8 th edition of the ocean confrence yang akan digelar di Panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2 hingga 5 Maret 2023.

Pertemuan ini merupakan ajang dialog kolaboratif antara kepala negara, sektor swasta, masyarakat sipil dan lembaga akademik guna membahas berbagai upaya penyelamatan sumber daya laut.

Dalam situs resmi Rare Indonesia menyebutkan Kedua Bupati tersebut merupakan perwakilan dari Bupati/ Walikota pesisir yang bergabung dalam forum kemitraan Bupati/ Walikota pesisir untuk pencapaian TPB 14 di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara, yang diinisiasi oleh Rare atas kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dan Bappenas RI.

Mereka mewakili para bupati dan wali kota pesisir lainnya untuk dapat menyuarakan kepada dunia internasional bagaimana peran seorang Kepala Daerah Kabupaten dalam mendukung masyarakat pesisir melalui program-program perikanan yang berpihak terutama pada nelayan kecil di daerah mereka masing-masing.

Pj. Bupati Buton mengatakan ada beberapa aksi yang menjadi pedoman Tim Rare dalam melaksanakan beberapa program di Kabupaten Buton antara lain, mendorong perilaku nelayan yang bertanggung jawab yang mencakup perndaftaran pemantauan hasil tangkapan, partisipasi dalam pengelolaan perikananan dan kepatuhan terhadap peraturan.

“Salah satu program Rare adalah mendorong pemanfaatan sumber daya laut yang lestari sekaligus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat nelayan kecil melalui program Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP),” kata Basiran.

BACA JUGA :  Mewisuda 52 Santri Tahfidz, Pj Bupati Buton Harap Para Orang Tua Didik Anak-anak Sesuai Nilai Dalam Al-Qur'an 

Dikatakannya, untuk mendukung program Rare itu saat ini telah terbentuk 3 kawasan dan 3 kelompok pengelolah PAAP yaitu kawasan PAAP Siotapina-Lasalimu Selatan yang meliputi 7 desa dengan nama kelompok pengelola PAAP Lasinta Lape-lape.

Kawasan PAAP Kapontori yang meliputi 7 desa dan kawasan PAAP Wabula yang meliputi 4 desa dengan nama kelompok Pengelolah PAAP Nambo Nipiara.

Dari 3 kawasan PAAP yang telah terbentuk, PAAP Lasinta Lape-lape yang berada di Kawasan Siotapina-Lasalimu Selatan telah mendapat persetujuan pengelolaan oleh Gubernur Sultra yang penetapannya melalui SK Gubernur Sultra Nomor 126 tahun 2022 tentang Penetapan Pengelola Akses Area Perikanan di Kecamatan Siotapina dan Kecamatan Lasalimu Selatan. Kawasan PAAP Kapontori dan PAAP Nambo Nipiara Wabula sudah dilakukan verifikasi oleh team.

“Pada awal tahun 2022 Rare Indonesia menambah kawasan baru di Kabupaten Buton yang berada baru di di Teluk Pasarwajo dan sekitarnya yang terdiri dari 3 sub site yang meliputi 7 desa/kelurahan di sub site I (Kecamatan Wabula-Pasarwajo), 11 desa/kelurahan di sub site II (Kecamatan Pasarwajo) dan 11 desa di sub site III (Kecamatan Wolowa- Siotapina). Pada calon kawasan baru telah dilakukan survey kondisi habitat dan sudah diusulkan calon kawasan PAAP dan Kawasan Larang Ambil (KLA) tinggal menunggu pembahasan finalisasinya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, mantan Kepala Badan Kesbangpol Kalimnatan Utara ini mengatakan melalui program PAAP ini, telah dibentuk pula 13 Kelompok simpan pinjam di Siotapina dengan jumlah tabungan Rp176.4 juta, dan 4 kelompok simpan pinjam baru di Kapontori dengan jumlah tabungan sebanyak Rp14.8 juta.

Selain itu, melalui kerjasama yang cukup erat dengan Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemkab Buton telah mengeluarkan Perbub Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis Penggunaan Dana Desa untuk kegiatan berbasis kelautan dan perikanan di wilayah pesisir Kabupaten Buton, dan pada tahun 2022 ini telah diterima total usulan rancangan anggaran pembangunan desa dari 15 desa di 3 kawasan sebesar Rp1 milyar.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Buton La Ode Mustari Lepas Logistik Pemilu

Lebih lanjut, direncanakan kedua kepala daerah tersebut (Buton dan Minahasa) meninggalkan tanah air menuju Panama City, Amerika Tengah tangal 1 Maret 2023 setelah proses izin Kemendagri rampung.

Pj. Bupati Buton menghadiri Konferensi Kelautan Dunia Our Ocean Conference 2023 di Panama atas biaya penyelenggara yakni Rare.

“Kami dibiayai oleh pihak penyelenggara yakni Rare. Jadi kami tidak menggunakan APBD Buton,” imbuh Basiran (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.