Diterjang Hujan Berhari-hari, Rumah dan Perkebunan Warga di Buton Terendam Banjir

MONITORSULTRA.com, Buton – Salah satu desa di Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, dilanda banjir setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah tersebut.

Banjir bandang itu terjadi di Desa Lasembangi pada Senin dinihari tadi (20/9/2021) dan mengakibatkan rumah dan lahan perkebunan warga tergenang air.

Saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp nya, Camat Lasalimu La Ode Zahaba mengaku, hujan telah mengguyur sejak Minggu kemarin menimbulkan banjir pada Senin dinihari.

“Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir di Desa Lasembangi,” tulis La Ode Zahaba kepada media ini.

Selain itu, masih kata La Ode Zahaba, banjir bandang itu diakibatkan juga karena letak geografis Desa Lasembangi terletak pada dataran rendah.

“Terjadi banjir karena Desa Lasembangi ini berada pada posisi dataran rendah, juga disebabkan penebangan hutan liar,” tuturnya.

Selain Desa Lasembangi, lanjut La Ode Zahaba, kerap kali terjadi banjir saat musim hujan tiba diantaranya Desa Lawele, Desa Wagari dan Desa Togo Mangura.

“Permasalahan ini tiap-tiap tahun sudah menjadi beban masyarakat apalagi pemukiman warga yang berada di dataran rendah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia berharap kepada pemerintah daerah agar wilayah yang mempunyai potensi banjir dapat dibuatkan saluran drainase menuju ke laut.

Yang perlu dikhawatirkan apabila hujan lebih dari satu hari di sini sudah terjadi banjir, jadi harus ada upaya dari Pemda Buton untuk memikirkan drainase yang langsung menuju ke laut,” pungkasnya.

 

Editor : Rasmin Tara

Pemred : La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.