Berita  

Pj Bupati Buton Lantik Tiga Penjabat Kades PAW

MonitorSultra.Com, BUTON – Penjabat Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si melantik tiga Penjabat Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW), Selasa (20/6/2023). Masing-masing yaitu, Desa Togomangura, Manuru dan Desa Matawia.

Pelantikan itu digelar usai kegiatan tatap muka pemerintah dan masyarakat Desa Wolowa, Kecamatan Wolowa Kabupaten Buton bersama tim lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023, tepatnya di Halaman Kantor Desa Wolowa.

Adapun yang ditunjuk sebagi PAW penjabat kepala desa di masing-masing desa yaitu:

1. Tajuddin, S.Ip, jabatan Kepala s
Seksi Trantib Kantor Camat Lasalimu Memberhentikan Rudin, S.Sos sebagai Kepala Desa Togomangura, Kecamatan Lasalimu periode 2018-2024.

2. Memberhentikan Zulkarnain Anwar dari jabatan sebagai Kepala Desa Matawia Kecamatan Wolowa periode 2018-2024. Menunjuk Karimudin, S.Pd, jabatan Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buton.

3. Memberhentikan La Uma dari jabatan Kepala Desa Manuru, Kecamatan Siotapina Periode 2018-2024 . Menunjuk Sukimin, jabatan Staf Pengelola Pemberdayaan Masyarakat pada Kantor Camat Siotapina sebagai penjabat Kepala Desa Manuru.

Turut hadir, para Kades dan BPD se-Kecamatan Wolowa, Kapolsek Wolowa, Camat Wolowa, sejumlah OPD lingkup Pemkab Buton, Tim penilai lomba desa, para pendamping desa, Ketua TP PKK Buton, Babinsa, Babinkamtibmas dan para tokoh se-Kecamatan Wolowa.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si mengatakan, pelantikan penjabat kepala desa ini tak ada hubungannya dengan politik. Ini adalah perintah undang-undang penjabat kepala desa harus dilantik dan diambil sumpahnya.

“Ini proses berpemerintahan oleh sebab itu tugas penjabat kepala desa ini adalah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang ada di desa sama dengan kepala desa definitif sehingga sesuai amanat perundangan undangan penjabat kepala desa harus dilantik dan diambil sumpahnya,” kata Basiran.

BACA JUGA :  Pemkab Buton Gelar Gerakan Pangan Murah

Pada kesempatan itu, Mantan Kepada BPKAD Sultra itu tak lupa mengucapkan selamat kepada penjabat kepala desa yang sudah dilantik dan meminta agar menjalankan amanah undang-undang dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah kepercayaan, kepercayaan yang Allah berikan kalian bertiga. Oleh sebab itu laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya sesuai isi sumpah jabatan,” harap Basiran.

“Tugas saudara menjalankan semua yang ada dalam APB Desa dengan jangan lupa pula bekerja sama dengan Badan Permusyawatan Desa atau BPD,” sambungnya.

Lebih lanjut, terkait dengan perangkat desa, baik itu sekertaris, Kepala urusan, Kepala dusun, Basiran berharap untuk dibina dengan sebaik-baiknya karena para perangkat itu yang akan membantu penjabat kepala desa.

“Yang terakhir melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya berpesan kepada Badan Permusyawatan Desa yang hadir pada saat ini, bantu penjabat kepala desa ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa,” pungkasnya.

(Rasmin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.